[Buku] Broken Crucifix – Detik Detik Hancurnya Tentara Salib

Broken Crucifix

Judul Terjemahan: Broken Crucifix, Detik-Detik Hancurnya Tentara Salib

Judul Asli: Da’watu al-Imam al-Ghazali fi at-Tajdiid wa al-Islaah (Dakwah Imam Al-Ghazali dalam Pembaharuan dan Perbaikan)

Penulis: Dr. Ir. Ali Muhammad Ash-Shalaby

Penerbit: Lentera Optima Pustaka (LOP)

Tebal Buku: xviii + 202 halaman

..bahwa penyakit yang paling kronis adalah tidak adanya ‘dokter’. Karena para ‘dokter’ yang berperan sebagai ulama, sedang mengidap penyakit kronis itu pula.” -Imam Al-Ghazali

Jika Anda berharap akan membaca kisah heroik perjuangan Nuruddin Zanki atau Shalahuddin Al-Ayyubi dalam Perang Salib, maka bersiap-siaplah untuk kecewa😉. Yap, judul terjemahan yang diberikan oleh penerbit memang agak misleading, karena buku ini tidak membahas mengenai kisah Perang Salib, selain beberapa halaman terakhir yang membahas kiprah Nuruddin Zanki dan Shalahuddin  Al-Ayyubi secara umum. Judul asli dari buku ini mungkin bisa lebih tepat menjelaskan isi dari buku ini, yaitu mengenai “Dakwah Imam Al-Ghazali dalam Pembaharuan dan Perbaikan.

Kisah dalam buku ini berawal pada tahun 455 H, yaitu saat pengangkatan Nizhamul Mulk (Hasan bin Ali bin Ishaq at-Thusy) sebagai Menteri oleh Sultan Alib Arsalan, sekitar 120 tahun sebelum pembebasan Yerusalem dari cengkraman Pasukan Salib. Masyarakat pada masa itu tengah mengalami berbagai ‘penyakit kronis’ yang menjangkiti pemikiran dan aqidah mereka. Hal ini ditandai dengan berkembangnya aliran Syiah Rafidhah, Bathiniyah, Tsanawiyah, Tasawwuf yang menyimpang, Filsafat, dan lain-lain.

Nah, buku ini mengupas sepak terjang Nizhamul Mulk dan Imam Al-Ghazali dalam membersihkan berbagai paham dan aliran menyimpang yang berkembang dalam tubuh ummat, serta membangun basis keilmuan yang berlandaskan sumber-sumber asli ajaran Islam. Shalahuddin Al-Ayyubi pun nantinya adalah salah satu ‘produk’ dari rekayasa ini.

Nah, dari kisah dalam buku ini kita belajar untuk menyadari pentingnya menelisik akar permasalahan ummat (tipping point, dalam bahasa Malcolm Gladwell) dan panjangnya perjalanan untuk memperbaiki dan membangun generasi. Wallaahu a’lam.

2 thoughts on “[Buku] Broken Crucifix – Detik Detik Hancurnya Tentara Salib

  1. its my first time here,
    salam ukhuwah, ikhsan🙂
    (meski sebelumnya kita sdh berteman di GR & FB) tetap senang bisa menemui teman baru di wordpress,
    jangan sungkan kunjungan balik yaak..

    oia, ttg buku ini, kira2 berapa bintang?

    • wa’alaykumussalaam, …. (saya panggil siapa nih?)

      sudah masuk GR juga kok, dapet tiga bintang😉 ok, tunggu kunjungan baliknya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s