Mengubah Dunia dengan Komen dan Nge-Like

Ok, mungkin judulnya agak lebay. Tapi biarlah, toh tukang batu pun boleh bercita-cita membangun peradaban๐Ÿ˜‰

Mengenai ini tampaknya sudah diketahui sebagian besar pengguna facebook, namun belum termanfaatkan dengan optimal.

Begini, dalam facebook ada sebuah fitur bernama Top News pada News Feed. Top News ini adalah kumpulan update dari teman-teman yang mendapat rating paling tinggi. Top News ini akan otomatis ditampilkan ketika kita baru melakukan login lagi setelah jangka waktu tertentu.

Bagaimana sebuah update bisa mendapat rating yang tinggi? Berdasarkan pengamatan setidaknya ada 3 (tiga) aspek yang dinilai: [1] jumlah ‘like’, [2] jumlah komen, dan [3] waktu update (semakin baru, nilainya semakin tinggi).

Nah, berarti dengan mengomentari atau menge-like sebuah status / update, semakin besar kemungkinan status / update tersebut untuk menjadi Top News dan menjadi update pertama yang dilihat teman-teman kita ketika login. Semakin besar kemungkinan status / update tersebut menjadi info pertama yang masuk ke otak teman-teman kita.

Kalau yang kita sentuh (untuk mempermudah menyebut ‘like atau komen’) adalah update yang baik, benar, dan bermanfaat, maka itulah yang akan lebih cepat masuk ke otak teman-teman kita.
Kalau yang kita sentuh adalah update yang kurang penting, maka itu juga yang akan lebih cepat sampai pada teman-teman kita.
Kalau yang kita sentuh adalah update yang memicu perselisihan dan permusuhan (pokoknya yang jelek-jelek dah), maka itu pula yang akan lebih cepat tertanam di benak teman-teman kita.

Maka berhati-hatilah, dan manfaatkanlah sepersekian detik yang Anda gunakan untuk menyentuh sebuah status / update. Barangkali itulah yang menentukan akan seperti apa wajah dunia di masa yang akan datang.

๐Ÿ˜‰

ููŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽุฑู‘ูŽุฉู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ูŠูŽุฑูŽู‡ู . ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ู…ูุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฐูŽุฑู‘ูŽุฉู ุดูŽุฑู‘ู‹ุง ูŠูŽุฑูŽู‡ู

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.
[TQS. Al-Zalzalah: 7-8]

8 thoughts on “Mengubah Dunia dengan Komen dan Nge-Like

  1. Beuuhh..
    ente ngamati oge geuningan heuheu..

    tadina deuk di share pas ta’lim topikna “Media” tapi ternyata teu jadi2 heuheu…

    siplah fa, maju teruuuus dompet lembur.๐Ÿ˜†

  2. h0h0 ternyata itu toh kenapa kang ikhfa dulu sampai digelari MR.like this…
    saking sering ngelike status orang…
    tapi bagus juga, walaupun sekedar like tetap ada visi nya….
    hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s