Lisan 2.0

Era Informasi. Era informasi telah melahirkan saudara baru bagi lisan-lisan kita. Saudara baru itu kemudian diberi nama teks.

Namun kita mafhum, sesuai firmanNya dalam Al-Balad, bahwa lisan kita -dan derivat-derivatnya- hanyalah organ netral yang terbentang di depannya dua jalan. Lisan mampu menyatakan keimanan, lisan juga yang mampu menyatakan kekufuran. Lisan bisa menebarkan dusta dan kebencian, lisan juga yang bisa menyebarkan rahmat dan kebenaran. Lisan dapat menjatuhkan kita ke dasar neraka, lisan juga yang dapat mengantarkan kita meraih kedudukan terbaik di sisi-Nya.

Kini zaman sudah berubah. Yup, hanya zamannya. Apa kita ikut berubah? Belum tentu. Yang jelas lisan kita kini semakin ‘panjang’. Kalau dulu memuji atau mencaci itu mesti dilakukan di hadapan orang, sekarang dari kamar mandi pun bisa! Kalau dulu memberi nasihat harus dilakukan dari jarak dekat, sekarang dari atas genteng pun bisa! Kalau dulu ngegosip dan membicarakan aib itu sambil kongkow-kongkow, maka sekarang sambil push-up pun bisa!

Pada akhirnya, berbagai fasilitas yang bermunculan di era ini, sejatinya hanya memperjelas siapa diri kita sebenarnya. Namun yang jelas kita perlu berhati-hati. Karena setiap hal yang dulunya hanya dapat keluar melalui lisan, kini dapat pula keluar melalui teks. 24 Jam! Sehingga jika lisan mendapat porsi hisab yang cukup besar di hari kiamat kelak, maka bagi kita pengguna lisan 2.0, barangkali ‘jempol’ kita pun akan memiliki porsi hisab yang cukup besar. Wallaahu a’lam.

*nb: mungkin bagus juga membudayakan istighfar setiap ngetwit, komen, atau update status..šŸ˜‰

2 thoughts on “Lisan 2.0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s