Muhasabah

  1. Apakah selama ini Anda merasa bahwa semua yang Anda kerjakan dalam hidup, semata-mata Anda persembahkan untuk Allah SWT? atau untuk kepentingan lain?
  2. Apakah Anda yakin bahwa semua yang telah Anda lakukan di dunia ini akan memberikan Anda kehidupan yang terhormat di akhirat kelak?
  3. Sudahkah Anda merasakan bahwa agama yang Anda anut selama ini adalah sebuah pilihan hidup yang Anda putuskan melalui suatu proses pencarian dan perenungan yang panjang? atau sekedar sebuah warisan sosial yang lebih banyak mengatur sisi ritual hidup Anda?
  4. Apakah selama ini Anda merasa bahwa pekerjaan Anda (di kantor, di kampus) merupakan sebuah rangkaian ibadah Anda kepada Allah SWT, seperti yang Anda rasakan ketika Anda melaksanakan shalat lima waktu?
  5. Mengapa menurut Anda Allah SWT tidak memberitahukan kepada kita, jadwal kedatangan ajal kita?
  6. Kalau Anda diberi pilihan, pada usia berapa Anda merasa tepat meninggal dunia? Mengapa?
  7. Jika sekarang Anda meninggal dunia, apakah Anda merasa sudah siap dan akan cukup tenang menghadapinya?
  8. Jika sekarang Anda meninggal dunia, apakah Anda cukup yakin bahwa bekal amal Anda sudah memadai mengantar Anda menuju surga? Amal-amal unggulan apakah yang menurut Anda akan mengantar Anda ke surga?
  9. Jika sekarang Anda meninggal dunia, seperti apakah suasana yang Anda bayangkan akan Anda temui di alam barzakh (kubur)?  Pernahkah Anda membayangkan situasi itu sebelumnya?
  10. Jika sekarang Anda meninggal dunia, apa yang menurut Anda akan membuat orang lain di dalam keluarga Anda, atau di lingkungan sekitar Anda, menangisi kepergian Anda? Apakah Anda mempunyai jasa tertentu yang menurut Anda akan membuat mereka kehilangan dengan kepergian Anda?
  11. Jika sekarang Anda meninggal dunia, dosa-dosa apakah yang telah Anda lakukan kepada Tuhan, yang sangat Anda inginkan untuk diampuni supaya tidak mendapatkan siksa kubur karenanya?
  12. Jika sekarang Anda meninggal dunia, kesalahan-kesalahan apakah yang telah Anda lakukan kepada orang lain di dalam keluarga, atau di lingkungan kantor, atau di lingkungan pergaulan masyarakat yang sangat Anda inginkan untuk dimaafkan, tetapi tidak sempat Anda sampaikan kepada mereka?
  13. Jika sekarang Anda meninggal dunia, rencana-rencana kebaikan apakah yang telah Anda buat dan belum sempat Anda selesaikan?
  14. Jika sekarang Anda meninggal dunia, apakah menurut Anda ada orang-orang tertentu yang  merasa senang dengan kepergian Anda? Siapa sajakah mereka? Mengapa menurut Anda mereka senang?
  15. Jika Anda diberi kesempatan kedua kembali ke dunia setelah kematian, perbaikan-perbaikan apa saja yang akan Anda lakukan dalam hidup Anda? Mengapa menurut Anda perbaikan-perbaikan itu harus Anda lakukan?

One thought on “Muhasabah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s